Beberapa Ide Cara Mendapatkan Passive Income

4 months ago 367

Kalau bicara tentang uang, tentu semua orang akan suka. Apalagi pendapatan pasif, kita bisa dapat uang tanpa harus kerja keras.

Tapi bagaimana caranya ya? Berikut adalah beberapa ide cara mendapatkan passive income:

1. Menjual Produk Informasi

Salah satu cara populer untuk memiliki pendapatan pasif adalah membuat dan menjual produk informasi.

Produk informasi tersebut berupa ebook atau kursus online. Anda bisa menjual produk informasi tersebut melalui situs seperti; Udemy, SkillShare, Coursera, Arkademi, Skillacademy, SekolahPintar, dan lain-lain.

Anda juga bisa mempertimbangkan model “freemium” yaitu cara membangun audiens dengan konten gratis. Selanjutnya, membebankan biaya kepada audiens apabila mereka tertarik dengan informasi lebih detail.

Setiap platform di atas memiliki jenis produk yang beragam sehingga calon pebisnis bisa memilih sesuai dengan minatnya.

JenisPeluangRisiko
Produk informasiProduk informasi dapat memberikan aliran pendapatan yang sangat baik.

Penghasilan bisa didapatkan secara terus menerus dari satu produk informasi.

Dibutuhkan banyak upaya dan waktu untuk menciptakan produk informasi yang berkualitas.

2. Investasi Peer-to-Peer Lending

Peer-to-peer (P2P) adalah pinjaman pribadi yang dibuat antara Anda dan peminjam, difasilitasi melalui perantara pihak ketiga seperti Investree, KoinWorks, Amartha, Modalku, Akseleran, dan lainnya.

Situs P2P ini biasanya menargetkan bisnis dan memiliki batas pinjaman tertentu dengan risiko kredit yang lebih baik.

JenisPeluangRisiko
Investasi Peer-to-Peer LendingAnda memperoleh penghasilan dari pembayaran bunga yang dilakukan atas pinjaman.Tetapi karena pinjamannya tanpa jaminan, Anda menghadapi risiko gagal bayar. Artinya, Anda bisa saja tidak mendapatkan apa-apa.

3. Dividen Saham

Para pemegang saham di suatu perusahaan dengan saham yang menghasilkan dividen, akan menerima pembayaran secara berkala dari perusahaan.

Perusahaan membayar dividen tunai setiap tiga bulan dari keuntungan mereka, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah memiliki saham. Dividen dibayarkan per lembar saham, jadi semakin banyak saham yang Anda miliki, semakin tinggi pendapatan Anda.

JenisPeluangRisiko
Dividen SahamPendapatan dari saham tidak terkait dengan aktivitas apapun selain investasi keuangan awal.Sulit untuk memilih saham yang tepat.

4. Menciptakan Aplikasi

Membuat aplikasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memiliki pendapatan pasif. Anda perlu melakukan investasi awal dalam membuat aplikasi, kemudian akan menuai hasilnya dari waktu ke waktu.

Aplikasi ini bisa berupa game, atau aplikasi lainnya yang bermanfaat bagi penggunanya. Semakin banyak yang mengunduh aplikasi Anda, maka semakin besar pendapatan pasif yang Anda miliki.

JenisPeluangRisiko
Menciptakan AplikasiAnda bisa memilih cara terbaik untuk menghasilkan pendapatan dari aplikasi Anda. Misalnya, Anda mungkin meminta pengguna membayar biaya tertentu agar mendapatkan fitur lengkap dari aplikasi.Popularitas aplikasi bisa berumur pendek, yang berarti arus pendapatan Anda bisa berkurang lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

5. Membangun Blog

Tuliskan pengetahuan dan kemampuan Anda di sebuah blog, pasang iklan atau jual jasa Anda. Ini salah satu cara cara yang banyak dilakukan orang untuk menghasilkan uang dari minat dan kemampuannya.

Pada awalnya mungkin terasa lambat karena harus menciptakan serangkaian konten yang menarik audiens. Namun seiring dengan waktu, Anda akan menciptakan aliran pendapatan yang stabil dari blog Anda.

JenisPeluangRisiko
Membangun blogAnda dapat memanfaatkan platform blog gratis (blogger.com). Ciptakan konten Anda untuk membangun audiens. Semakin unik bidang minat Anda, semakin baik bagi Anda untuk menjadi “orang” yang diikuti. Kemudian ini akan menarik sponsor untuk Anda.Anda harus membuat konten dari awal dan secara berkelanjutan, dimana hal ini akan memakan banyak waktu.

6. Membangun Kanal YouTube

Hampir sama dengan blog, tapi konten yang dibuat dalam bentuk video. Cara ini sudah terbukti memberikan pendapatan pasif bagi banyak orang.

Konten video bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk, atau sekedar berbagi suatu informasi kepada orang lain. Dan yang pasti, YouTube bisa memberikan pendapatan yang stabil bagi para video kreator.

JenisPeluangRisiko
Membangun kanal YouTubeAnda memanfaatkan platform gratis (YouTube.com). Ada banyak cara menghasilkan uang dari YouTube. Anda bebas memilih satu atau dua cara terbaik menurut Anda.Konten video harus menarik dan unik agar dapat membangun audiens. Hal ini bisa memakan banyak waktu, apalagi bila Anda memiliki keterbatasan dalam membuat konten video.

7. Pendapatan Royalti

Anda punya hobi dan keahlian di bidang seni, misalnya fotografi atau desain grafis? Maka ini bisa menjadi peluang untuk menghasilkan pendapatan pasif.

Foto dengan estetika yang baik dapat dikirim ke situs seperti iStock, Flickr, dan Shutterstock untuk mendapatkan penghasilan. Situs-situs ini memberikan kompensasi setiap kali foto Anda diunduh.

JenisPeluangRisiko
Pendapatan RoyaltiAnda tidak perlu menjadi fotografer profesional karena gambar yang biasa-biasa saja namun unik cukup banyak dicari secara online.Anda harus memposting foto unik secara rutin karena tidak tahu foto seperti apa yang dicari orang di internet.

8. Menyewakan Properti

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang memberikan keuntungan besar. Salah satunya dengan cara menyewakan properti kepada orang lain. Misalnya, menyewakan kos-kosan, apartemen, rumah kontrakan, ruko, kios/ toko, dan tanah.

Pada umumnya untuk memiliki sebuah properti membutuhkan modal yang cukup besar di awal. Namun, pendapatan dari bisnis ini pun tidak tanggung-tanggung lho.

JenisPeluangRisiko
Menyewakan PropertiSelain dapat menghasilkan pendapatan pasif, harga properti umumnya akan terus naik. Anda juga bisa menggunakannya sebagai agunan atau jaminan untuk membuka usaha lainnya.Investasi awal yang besar umumnya tantangan terberat. Selain itu, pemilik properti juga memiliki risiko lainya, seperti; berurusan dengan penyewa nakal, sifatnya tidak likuid atau sulit diuangkan, ada biaya perawatan.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak cara lain untuk memiliki pendapatan pasif. Anda harus kreatif dalam menjelajahi setiap peluang yang ada agar bisa memiliki passive income.

Apakah salah satu ide di atas menarik minat Anda untuk membangun passive income? Kalau iya, maka sebaiknya Anda mulai mencobanya dari sekarang.

Read Entire Article