7 Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang Sudah Terbukti

4 months ago 189

Bisnis JMG.CO.ID, Bagaimana sih sistem menerima uang dari blog? Hakekatnya, pertanyaan ini telah “kuno” melainkan masih populer sampai kini.

Beberapa blogger membikin artikel di blognya cuma untuk berbagi opini dan pandangan baru saja. Hakekatnya tak ada yang salah dengan itu, silahkan dilanjutkan.

 

Namun berdasarkan aku, kesibukan blogging bukan cuma sekadar memberi tahu opini atau pandangan baru dalam format artikel atau tulisan. Konten Anda dapat lebih dari itu, malah dapat memberi pengaruh, menginspirasi, dan menolong persoalan hidup orang lain.


Menolong orang lain dengan memberikan isu lewat tulisan di blog tentu menyenangkan. Aku tahu ada banyak orang yang gembira berbagi isu secara free lewat blognya.


Ini dapat lebih menyenangkan lagi. Kok dapat? Sebab pada ketika yang sama, Anda dapat mewujudkan uang dari blog hal yang demikian.


Nah, di tulisan ini aku akan berbagi isu bagaimana sistem mewujudkan uang dari sebuah blog. Tulisan ini ini dijadikan based on my experience, bukan pengalaman orang lain.


Bagaimana Metode Mendapat Uang dari Blog?

Satu hal yang sepatutnya Anda yakini bahwa segala blogger dapat mewujudkan uang dari blog. Padahal Anda masih pemula.


Ini beneran lho. Namun ada syaratnya!


Syaratnya, Anda sepatutnya mengenal dan memahami langkah-langkah membangun blog berkwalitas sampai memonetisasinya.


Secara garis besar, berikut langkah-langkahnya:


-Membikin blog dengan platform Blogging terbaik.

-Membangun konten blog yang spesifik, berkwalitas, dan menarik.

-Mendapat trafik, bagus dari search engine ataupun media sosial.

-Membangun dan menjaga kepercayaan audiens blog Anda.

-Memilih sistem monetisasi blog.


“Oh, jadi sesudah mengenal langkah-langkahnya dan seketika praktik karenanya aku dapat seketika mewujudkan uang ya dari blog?”


Itu hasrat segala blogger. Sayangnya, tak semudah itu sobat.

 

Memang, ada sebagian blogger yang dapat mewujudkan uang dalam waktu yang relatif singkat.

 

Tetapi, biasanya blogger baru mulai mewujudkan sesudah 6 bulan atau lebih. Pun ada juga yang baru mewujudkan sesudah 1-2 tahun.


Padahal Anda tetap menulis konten selama berbulan-bulan, Anda dapat saja tak punya penghasilan dari blog. Itulah situasi permulaan-permulaan para blogger.


Kini Anda tahu bahwa blogging itu memerlukan kesabaran tinggi dan konsistensi.


Kecuali itu, Anda sepatutnya tahu bahwa untuk mewujudkan uang dari blog karenanya Anda sepatutnya membangun blog yang berkwalitas.


Kwalitas yang aku maksud di sini, adalah; kwalitas dari sisi konten dan juga kwalitas dari keseluruhan blog Anda (kecepatan loading, tampilan, navigasi, dan lainnya).


Jadi, Anda tak cuma sepatutnya tahu bagaimana sistem membikin tulisan yang berkwalitas dan menarik. Anda juga sepatutnya tahu teknis bagaimana sistem membikin dan mengelola blog yang baik dan user friendly.


Hingga di sini, apakah Anda masih konsisten berkeinginan menjadi blogger? Atau Anda mendadak migrain?


Bila masih berminat berkeinginan menerima uang dari blog, silahkan lanjut membaca.


1. Membikin Blog dengan Platform Terbaik

Langkah permulaan supaya dapat menerima uang dari blog ialah membikin blog itu sendiri. Ada banyak platform blogging yang dapat Anda pakai.


Sebagian platform blogging hal yang demikian di antaranya; Blogger, WordPress, Drupal, dan Joomla.


Apa platform blogging terbaik ketika ini?


Tiap platform blogging punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi, aku pribadi merekomendasikan Anda untuk mengaplikasikan WordPress.


Tentu saja ini bukan cuma anggapan aku pribadi. Semua dunia telah mengakui bahwa WordPress ialah platform terbaik untuk blogging.

 

Sampai ketika ini, WordPress masih ialah platform blogging yang paling banyak diterapkan secara global. Observasi diagram berikut,


CMS market share

WordPress diterapkan oleh 42,0% dari segala website situs, dimana CMS ini punya pangsa pasar sebesar 65,0%. Sumber w3techs.com

Secara singkat berikut profit mengaplikasikan platform WordPress untuk blog Anda:


Gampang diterapkan padahal Anda pemula.

-Kita dapat mengelola blog dari bermacam OS komputer.

-Tak perlu pengeditan HTML atau Software FTP.

-Mesin pencari menyenangi website-website WordPress.

-Kita bisa mendesain blog layak kemauan.

-Kita dapat menambah fungsi blog dengan plugin.

-Dapat menambahkan banyak pengguna.


Intinya, jikalau Anda berkeinginan membangun blog yang berkwalitas dengan lebih gampang karenanya platform WordPress lah jawabannya.


Catatan: WordPress yang dimaksud di sini ialah WordPress self-hosted (WordPress.org), bukan WordPress.com.


2. Membangun Konten Blog

Membikin blog dengan platform WordPress ialah langkah permulaan yang bagus. Berikutnya, blog Anda tentu sepatutnya diisi dengan konten.


Bicara perihal konten, banyak blogger membikin blog yang isinya berbagai-jenis. Istilah bekennya, blog “gado-gado”.


Blog gado-gado itu blog yang topiknya amat luas. Dalam satu blog membahas gaya hidup, teknologi, kabar, hobi, agama, dan lain sebagainya.


Apakah ini sistem yang bagus membangun blog?


Berdasarkan aku resmi-resmi saja membikin blog gado-gado. Anda dapat punya banyak pandangan baru dalam membikin tulisan.


TAPI ada tantangan besar yang sepatutnya Anda hadapi jikalau punya blog gado-gado. Blog yang topiknya luas butuh banyak penulis, pemasarannya susah, dan umumnya tak punya basis pembaca loyal.


Intinya, blog gado-gado pasti butuh tarif yang besar supaya dapat berhasil. Bila Anda punya sumber energi besar, silahkan saja membangun variasi blog seperti ini.


Tetapi anjuran aku, sebaiknya buatlah blog yang konsentrasi membahas topik yang spesifik. Istilah bekennya “niche blog”.


Semisal Anda berkeinginan membikin blog perihal Perencanaan Keuangan, karenanya fokuslah pada topik hal yang demikian. Konten Anda konsisten dapat banyak kok padahal topik blog Anda spesifik.


Lalu, bagaimana sistem menemukan pandangan baru tulisan?


#1. Pertama, peroleh sebagian laman atau blog lain yang membahas topik yang sama dengan ceruk blog Anda.


Anda dapat menulis ulang tulisan dari blog lain dengan mengambil sudut pandang yang berbeda.


Hakekatnya tak persoalan membahas topik yang sama. Tetapi, pastikan tulisan Anda menawarkan sesuatu yang berbeda dari tulisan orang lain.


#2. Kedua, buat judul tulisan yang kreatif dan unik. Judul tak jarang menjadi penentu apakah seseorang akan membuka dan membaca tulisan Anda.


Jadi pastikan judul tulisan Anda membikin orang lain berminat untuk membaca isi tulisannya.


#3. Ketiga, menambahkan media visual ke dalam tulisan. Media visual hal yang demikian dapat dalam format gambar, foto, infografik, gambaran, atau video.


Padahal itu cuma sebagai dekorasi, gambar dalam tulisan dapat membikin tulisan menjadi lebih eye catching dan menarik untuk dibaca.


3. Mendapat Trafik

Trafik ialah permulaan dari penghasilan sebuah blog. Tak perduli apa cara monetisasi blog yang Anda pilih, tanpa trafik blog Anda tak akan dapat mewujudkan uang.


Lalu, bagaimana sistem menerima trafik? Ada dua sumber trafik yang dapat kita manfaatkan, adalah; lewat mesin pencari dan media sosial.


Trus bagaimana caranya?


3.1. Mengoptimasi Blog dari Sisi SEO

Bila Anda belum tahu, SEO (search engine optimization) ialah upaya untuk meningkatkan visibilitas sebuah laman di mesin pencari Google.


Jadi, saat seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di Google akibatnya akan menunjukkan blog Anda di halaman pertama. Dengan demikian itu, karenanya kans menerima trafik organik dari Google akan kian besar.


Pengerjaan optimasi hal yang demikian meliputi pemilihan kata kunci, konten yang berkwalitas, dan backlinks. Selengkapnya, silahkan baca tulisan aku yang membahas perihal unsur utama dalam SEO.


3.2. Mempromosikan Blog di Media Sosial

Kini ini jamannya media sosial. Seluruh bisnis telah memanfaatkannya untuk menjaring trafik ke bisnis mereka.


Ada banyak media sosial yang dapat Anda manfaatkan untuk mendulang trafik, di antaranya; Facebook, YouTube, Instagram, Pinterest, dan Twitter.


Lalu, media sosial apa yang terbaik untuk menerima trafik?


Tergantung variasi konten blog Anda. Namun berdasarkan pengalaman aku, Facebook dan YouTube ialah sumber trafik yang paling tepat sasaran.


Observasi juga waktu dalam memposting konten di media sosial. Sebagai ilustrasi, Anda dapat membaca tulisan aku yang membahas perihal waktu terbaik posting di media sosial.


4. Membangun dan Menjaga Kepercayaan Pembaca

Membikin blog itu gampang, segala orang dapat. Membikin dan memposting tulisan yang berkwalitas malahan dapat dijalankan oleh siapa saja.


Selain tersulit bagi para blogger umumnya ialah mempertahankan konsistensi membikin tulisan berkwalitas secara rutin.


Dalam hal ini, susah berarti Anda dapat mengerjakannya.


Masih terkait dengan nilai #2 di atas. Blog yang membahas tema spesifik secara mendalam akan mendapatkan kepercayaan dari pembacanya.


Kecuali itu, mempertahankan kwalitas konten secara tetap malahan pada akan menjaga kepercayaan dari pembaca blog Anda.


Menjaga kepercayaan pembaca juga dapat dijalankan dengan membetuli kekurangan blog Anda secara keseluruhan. Anda dapat minta feedback, kritik, dan anjuran dari pembaca sebagai bahan pertimbangan dalam membetuli blog Anda.


Butuh waktu dan kerja keras untuk menerima kepercayaan dari pembaca. Dan diperlukan konsistensi untuk menjaga kepercayaan hal yang demikian.


5. Metode Metode Monetisasi Blog

Kebanyakan blogger pasti akan menyebut “Google Adsense” sebagai cara monetisasi. Tetapi, hakekatnya ada banyak cara lain untuk memonetisasi konten di blog Anda.


Berikut ini ialah sebagian sistem mewujudkan uang dari blog yang pernah dan masih aku lakukan.


Maaf, aku tak menyertakan screen shoot penghasilan sebab berdasarkan aku tak perlu.


1. Mendapat Uang dari Blog dengan Affiliate Marketing

Salah satu sistem mewujudkan uang dari blog yang aku dan banyak blogger lakukan ialah mencontoh program afiliasi.


Konsepnya simpel. Anda mendaftar menjadi pemasar afiliasi, Anda menerima kode afiliasi, pasang kode afiliasi di blog, tiap kali ada penjualan dari tautan afiliasi karenanya Anda akan menerima komisi.


Observasi, program afiliasi yang Anda ikuti sebaiknya layak dengan topik blog yang Anda bangun. Selain ini penting untuk memudahkan menerima calon konsumen potensial.


Bila blog Anda membahas perihal blogging, karenanya program affiliasi yang dicontoh sepatutnya terkait dengan topik ini.


Semisal blog Anda membahas perihal WordPress, blogging, hosting, dan topik berhubungan, karenanya menjual hosting dan domain ialah program afiliasi terbaik yang dapat Anda ikuti.


Pengalaman aku saat membangun blog untuk affiliasi, aku lebih dahulu menetapkan produk yang akan aku jual. Berikutnya, riset kata kunci dan membangun blognya.


Sebagai teladan, ketika aku membangun blog untuk mempromosikan produk dari Amazon.com, aku menjalankan riset terpenting dulu.


Produk apa yang akan dipromosikan, kata kunci apa saja yang bisa menunjung SEO, dan bagaimana sistem membangun kontennya. Berikutnya, kerjakan.


2. Sumber Penghasilan Blog dari Ruang Iklan

Ruang iklan yang dimaksud di sini ialah titik iklan untuk banner. Tetapi titik iklan ini ada di komponen side bar atau halaman tulisan blog.


Tetapi blog yang mempunyai trafik tinggi gampang menerima pengiklan potensial. Namun tak senantiasa demikian itu. Blog minim trafik malahan dapat saja menerima penawaran memasang iklan.


Pengiklan umumnya memandang topik utama dari sebuah blog. Bila topik blognya masih relate dengan bisnisnya baru pengiklan menentukan untuk beriklan di blog itu.


Semisal topik laman Anda perihal blogging, karenanya variasi iklan yang dapat Anda terima ialah produk hosting, domain, dan yang terkait dengan niche hal yang demikian. 


Anda sepatutnya berani mengatakan TIDAK pada penawaran pemasangan iklan yang mempromosikan produk yang tak terkait dengan blog Anda.


Alhasil? Sebab iklan seperti ini akan membingungkan pembaca Anda.


Dan tentu saja konversinya jelek. Berdasarkan, Anda rugi dan pengiklan malahan rugi.


Semisal laman Anda isinya perihal blogging. Lalu Anda memasang iklan dari advertiser yang mempromosikan produk penumbuh rambut.


Kan lucu!


Pengalaman aku, ruang iklan (banner) di blog aku pernah disewa seharga Rp 700ribu – Rp 1,5 juta per bulan. Berdasarkan aku itu lumayan, dapat buat bayar sewa hosting.


3. Sumber Penghasilan Blog dari Selain Jasa atau Produk Sendiri

Anda dapat memasarkan jasa atau produk sendiri lewat blog. Artinya Anda punya produk atau jasa yang berkeinginan ditawarkan ke para pembaca blog Anda.


Aku pernah menemukan blog yang dijadikan dengan secara kreatif. Di blog hal yang demikian si blogger menulis perihal pekerjaannya sehari-hari, termasuk keahliannya pada suatu bidang.


Blog seperti ini tak jarang kita peroleh ya.


Nah, si pemilik blog hal yang demikian memasarkan produk dan jasanya terhadap para pembaca blognya. Kecuali menerima sahabat-sahabat blogger di dunia maya, ia juga memperoleh penghasilan dengan sistem memasarkan keahlian atau produknya di blog hal yang demikian.


Contohnya kreatif.


Observasi, jikalau Anda berkeinginan menawarkan jasa terhadap pembaca karenanya pastikan jasa hal yang demikian terkait dengan topik blog Anda.


Semisal, blog Anda membahas perihal blogging karenanya jasa yang dapat Anda jual; jasa membikin blog, jasa menulis tulisan perihal blogging, jasa optimasi blog, dan jasa berhubungan lainnya.


4. Sumber Penghasilan Blog dari Tulisan Sponsor atau Endorsement

Ini ialah salah satu sistem menerima uang dari blog yang banyak dijalankan oleh blogger, termasuk aku. Tulisan sponsor atau endorsement ini umumnya disebut dengan Paid for Selain.


Ada banyak lho pebisnis yang berkeinginan produk atau bisnisnya diulas di blog orang lain. Tetapi mereka bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah tulisan review.


Kecuali itu, ada juga permintaan guest post dari laman lain untuk menerima backlink. Tetapi ini dijalankan oleh mereka yang sedang menjalankan kampanye SEO.


Contohnya pengalaman aku, tulisan review dapat dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 1,5 juta per tulisan.


Tetapi angka hal yang demikian jangan diwujudkan tolok ukur ya sebab pengiklan umumnya punya pertimbangan soal harga. Semisal, topik laman, trafik laman, nilai SEO laman, dan lain-lain.


Lalu, bagaimana sistem menerima pengiklan tulisan sponsor?


Aku kurang tahu pengalaman blogger lain. Namun dari pengalaman aku, pihak pengiklan yang senantiasa menghubungi aku lewat e-mail.


Selain Anda berkeinginan seketika menerima calon pengiklan, tak ada salahnya mencoba mendaftar di marketplace seperti Rajabacklink.com.


5. Sumber Penghasilan Blog dari Google Adsense

Menjadi publisher Google Adsense ialah salah satu sistem menerima uang dari blog yang paling banyak dijalankan oleh para blogger.


Google Adsense ialah program periklanan, di mana blogger dapat menerima uang dari iklan yang tayang di blog miliknya.


Penghasilan publisher diperoleh dari klik iklan dan jumlah tayangan Adsense di blog. Namun jangan pernah berdaya upaya untuk menjalankan klik pada iklan Anda sendiri ya sebab ini dilarang oleh pihak Google Adsense.


Google Adsense terkesan amat menjanjikan untuk para blogger. Blogger tak perlu repot mencari pengiklan, cukup konsentrasi membikin tulisan dan meningkatkan jumlah pembacanya.


Sayangnya, klik iklan di blog berbahasa Indonesia terbukti nilainya amat kecil. Sejauh pengalaman aku, per klik iklan Adsense cuma mewujudkan $0,04 – $0,08.


Mengecewakan, melainkan ingin tidak ingin sepatutnya diterima.


Google Adsense amat tak pantas untuk blog yang trafiknya masih tanggung. Kecuali penghasilnya kecil, Anda juga dapat kehilangan potensi penghasilan lain yang mungkin lebih besar dari Adsense.


Menjadikan dapat merasakan uang dari Adsense karenanya blog Anda WAJIB punya trafik yang besar. Namun itu malahan masih tergantung topik atau ceruk blog Anda.



6. Aku Uang dengan Selain Blog

Ini ialah sistem terakhir untuk mewujudkan uang dari blog yang dapat Anda lakukan.


Aku pernah memasarkan dua blog afiliasi Amazon dengan harga $1000 per blog. Tetapi dipasarkan? Sebab aku tak cakap mengelolanya.


Memang terasa berat memasarkan blog yang telah kita bangun dengan sulit payah. Namun jika memang Anda telah tak ada waktu atau telah tak sanggup mengelola blog hal yang demikian, alternatif ini dapat Anda pilih.


Bagaimana sistem memasarkan blog? Di mana daerah terbaik untuk memasarkan blog Anda?


Aku tak punya jawaban cermat untuk pertanyaan ini. Sebab waktu itu aku memasarkannya lewat broker perorangan dan mungkin telah tak beroperasi lagi kini.


Namun, Anda dapat mencoba memasarkan blog di forum kelompok sosial publisher Indonesia, Ads.id. Di forum ini aku tak jarang memperhatikan orang yang memasarkan blognya.


Pastikan Anda telah menyiapkan data-data blog sebelum memposting jualan blog Anda di sana. Mulai dari nama domain, spesifikasi hosting, trafik per bulan, penghasilan per bulan, dan isu lain yang dibutuhkan.


Sebetulnya Blog yang Aku Uang


Hakekatnya mewujudkan uang dari blog bukanlah hal yang baru. Blogger Indonesia banyak yang telah membuktikannya dan punya penghasilan rutin dari blog.


Tetapi, tulisan ini kurang komplit jika tak disertai sebagian teladan blog yang mewujudkan uang.


Berikut ini aku sertakan sebagian blogger yang mewujudkan uang dari blog.


1. Penasihathosting.com

Sebetulnya Blog yang mewujudkan uang

Ini ialah blog yang konsentrasi membahas perihal hosting. Isi blog ini membahas dan mengupas sebagian jasa penyedia hosting di Indonesia.


Tiap tulisan review perusahaan hosting di dalam blog ini dijadikan secara mendalam menurut fakta-fakta yang mereka peroleh.


Jadi, sasaran pembaca penasihathosting.com telah terang, adalah; para blogger, situs developer, dan tentunya penyedia jasa hosting.


Aku uang dari blog ala PenasihatHosting.com:


-Membikin konten yang spesifik dan komplit mengenai provider hosting di Indonesia.

-PenasihatHosting ialah blog independen, sehingga tulisan dijadikan menurut fakta.

-Membangun basis pembaca yang spesifik, adalah blogger, situs developer, dan provider hosting.

-Memperoleh monetisasi blog PenasihatHosting ialah dari komisi afiliasi penjualan hosting yang mereka rekomendasikan.


2. WPNesia.id

Metode Mendapat uang dari blog

WPNesia ialah salah satu teladan blog yang mengulas topik yang amat spesifik. Blog ini membahas perihal WordPress, terpenting GeneratePress, tema WordPress yang populer.


Danar Virdaus, pemilik WPNesia tampaknya amat menyenangi WordPress dan GeneratePress. Itulah yang membuatnya mendedikasikan blog WPNesia khusus membahas perihal WordPress dan GeneratePress.


Aku uang dari blog ala WPNesia.id:


Membikin konten yang amat spesifik, adalah perihal WordPress dan tema GeneratePress.

Sedangkan membikin konten yang menolong para pengguna platform WordPress dan GeneratePress.

Memperoleh monetisasi blog WPNesia ialah dengan memasarkan jasa instalasi GeneratePress dan optimasi blog.


3. Mastimon.com

Penghasilan dari blog

Mastimon.com ialah salah satu teladan blog yang membahas banyak topik, alias blog gado-gado. Padahal blog gado-gado, pemilik blog ini bisa memonetisasi kontennya.


Sejauh pengamatan aku, dulunya topik blog Mastimon.com membahas perihal blogging dengan platform blogger.com. Seiring berjalannya waktu, blog ini kemudian membahas topik yang lebih luas.


Aku uang dari blog ala JMG.CO.ID:


-Membangun konten perihal blogging, platform blogger.com, dan topik lazim.

-Membangun basis pembaca lewat media sosial, adalah; Facebook dan YouTube.


Tiap

Anda telah membaca tulisan yang membahas sebagian sistem menerima uang dari blog. Tulisan ini dijadikan menurut pengalaman aku pribadi yang telah sebagian tahun menjadi blogger.


Apa cara monetisasi terbaik untuk blog Anda?


Tiap orang tentu punya anggapan berbeda berhubungan cara monetisasi terbaik untuk blognya. Jadi, tak ada jawaban yang lazim untuk pertanyaan itu.


Tetapi, setidaknya kini Anda telah punya ilustrasi bagaimana sistem menerima uang dari blog, dan apa saja cara monetisasi blog.


Apakah Anda telah memonetisasi blog Anda? Memperoleh apa yang Anda lakukan?

Read Entire Article